Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.1, No.3 (2012)
Judul : PENERAPAN PROBLEM baseD LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA di KELAS VII-A SMP KATOLIK FRATERAN CELAKET 21 MALANG
Penulis : YUNITA SELVIANA TANY
TRI HAPSARI UTAMI
Abstrak :

Abstrak: Penelitian ini mendeskripsikan penerapan pembelajaran dengan pendekatan Problem based Learning (PBL) yang dapat meningkatkan hasil belajar di SMP Katolik Frateran Celaket 21 Malang. Proses pelaksanaan pembelajaran melalui beberapa tahapan yaitu: (1) orientasi siswa dalam menghadapi masalah guru menetapkan suatu tindakan untuk mengurangi rasa ramai siswa ini. Selain guru menegaskan kepada siswa untuk tidak membicarakan hal lain selain materi yang yang dibahas guru juga menggunakan sistem pengurangan nilai kepada siswa yang ramai di kelas agar siswa merasa termotivasi untuk belajar (2) pengorganisasian siswa dalam melakukan pengamatan atau studi dengan adanya ketua kelompok dapat membantu dalam pengorganisasian siswa dalam kelompok (3) siswa melakukan penelahan dan investigasi pada kegiatan kerja kelompok guru ikut terjun dalam langsung (berkeliling) dari kelompok satu ke kelompok yang lainnya untuk membimbing dengan cara memberi pertanyaan pancingan agar mereka mau memberikan pendapatnya. Untuk mendukung proses belajar di kelas guru juga memberikan nilai tambahan jika ada siswa yang berani bertanya. (4) mengembangkan dan mempresentasikan hasil karya didukung guru dengan memberikan penghargaan bagi kelompok yang mau presentasi dan menjawab dengan benar. dan (5) melakukan analisa dan proses evaluasi terhadap pemecahan masalah ketika ada penjelasan yang tidak dimengerti siswa dipersilahkan untuk bertanya baik kepada teman yang lain atau guru. Sebagai tambahan motivasi untuk siswa jika ada siswa yang bertanya maka akan mendapat tambahan nilai.

Kata Kunci : Penerapan Problem based Learning (PBL) Hasil Belajar
Full Text :

Kembali