Pendidikan Matematika
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.1, No.3 (2012)
Judul : PENGGUNAAN MEDIA CAT AIR DALAM MEMAHAMKAN MATERI PERMUTASI DAN KOMBINASI PADA SISWA KELAS XI SMAK YOS SUDARSO KEPANJEN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK
Penulis : VERONIKA RATNA MURSIDI
GATOT MUHSETYO
Abstrak :

ABSTRAK: Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti di SMAK Yos Sudarso Kepanjen didapatkan sebagian besar siswa kelas XI IPA 1 masih belum memahami konsep permutasi dan kombinasi. Agar siswa dapat memahami konsep permutasi dan kombinasi maka peneliti menggunakan media cat air yang dikombinasikan dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Subyek penelitian ini terdiri dari 19 siswa dengan rincian 6 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Terdapat 5 langkah kegiatan dalam PMR yaitu memahami masalah kontekstual menyelesaikan masalah kontekstual membandingkan dan mendiskusikan jawaban menyimpulkan dan permainan antar kelompok yang merupakan modifikasi dari PMR. Langkah kegiatan pembelajaran mengacu pada karakteristik PMR yaitu menggunakan masalah kontekstual menggunakan model menggunakan kontribusi siswa interaksi dan terintegrasi (terkait) dengan topik pembelajaran lainnya. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan penggunaan media cat air dengan menggunakan PMR dapat memahamkan siswa pada materi permutasi dan kombinasi. Hal ini terlihat pada peningkatan siswa yang tidak melakukan kesalahan konseptual prosedural dan kalkulasi.

Kata Kunci : media cat air memahamkan materi permutasi dan kombinasi Pendekatan Matematika Realistik
Full Text :

Kembali