DIE WERKE
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.1, No.1 (2012)
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Stationenlernen Pada Keterampilan Membaca Kary
Penulis : TESAR ZEIN B
ROSYIDAH
DEWI KARTIKA ARDIYANI
Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Stationenlernen pada keterampilan membaca karya sastra bahasa Jerman di kelas XI Bahasa SMA Negeri 7 Malang. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah hasil observasi selama kegiatan pembelajaran berlangsung jawaban kelompok atas pertanyaan tentang isi bacaan dan hasil angket peserta didik. Hasil penerapan model pembelajaran Stationenlernen menunjukkan bahwa
peserta didik dapat menjawab pertanyaan bacaan dengan baik. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 822 sedangkan nilai standar ketentuan minimal yang ditentukan adalah 75. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Stationenlernen memberikan dampak yang positif bagi peserta didik. Peserta didik menjadi lebih aktif dan termotivasi
dalam kegiatan pembelajaran daripada sebelumnya serta mendidik mereka untuk lebih mandiri.



The purpose of this research is to describe the application of Stationenlernen
learning model on reading skills the German literature in the second grade language class SMA Negeri 7 Malang. The datum used in this research are the observation result during the learning activities took place the answer of groups in answering the text question and the results of the students questionnaires. The results of the application Stationenlernen learning model shown that students can
answer the text question very well. The average value acquired is 82.2 while the value of the specified standard minimum requirement is 75. based on the research results can be concluded that the application of Stationenlernen learning model has a positive impact for students. The students become more active and motivated in learning activities then before as well as it educate them to be more
independent.

Kata Kunci : pembelajaran kooperativ; model Stationenlernen; karya sastra; cooperative learning; Stationenlernen model; literature
Full Text :

Kembali