IMAGE
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.1, No.1 (2012)
Judul : STUDI TENTANG PROSES PEMBELAJARAN SENI KALIGRAFI DI MTS HIDAYATUN NASYI’IN PASREPAN - PASURUAN
Penulis : YUNA TRILAKSONO
IRIAJI
EKO BUDI WINARNO
Abstrak :

Dalam suatu proses pembelajaran seni kaligrafi hendaknya harus
diperhatikan berbagai tahapan pembelajaran dalam upaya peningkatan mutu
pendidikan. MTs Hidayatun Nasyi’in Pasrepan – Pasuruan merupakan salah satu
lembaga pendidikan yang menyelenggarakan pembelajaran seni yaitu seni
kaligrafi dimana pembelajarannya tergolong maju terbukti dengan pernah
menjuarai beberapa perlombaan seni kaligrafi. Seni kaligrafi merupakan istilah
dari tulisan indah. Penelitian ini ditujukan pada dua mata pelajaran yaitu Baca
Tulis Al-Qur’an dan Seni Budaya yang mencakup tiga tahap pembelajaran yaitu
pengorganisasian pembelajaran penyampaian pembelajaran dan pengelolaan
pembelajaran. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan
tahapan-tahapan pembelajaran dalam proses pembelajaran seni kaligrafi yang
dilaksanakan di MTs Hidayatun Nasyi’in Pasrepan - Pasuruan.
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan jenis
deskriptif peneliti berperan langsung sebagai perencana pelaksana pengumpul
data penganalisis data dan sekaligus pelapor data. Sumber data menggunakan
data primer yang diperoleh dari informan serta peristiwa pembelajaran dan data
sekunder yang diperoleh dari data dokumentasi. Sedangkan prosedur
pengumpulan data menggunakan teknik observasi teknik wawancara dan teknik
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran seni kaligrafi
pada mata pelajaran baca tulis al-qur’an dan mata pelajaran seni budaya meliputi
tahapan pengorganisaian pembelajaran penyampaian pembelajaran dan
pengelolaan pembelajaran. Pengorganisasian pembelajaran yang dilakukan oleh
guru meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran. Penyampaian
pembelajaran meliputi pelaksanaan pembelajaran model pembelajaran
pendekatan pembelajaran metode pembelajaran media pembelajaran dan
interaksi si-belajar dengan media. Pengelolaan pembelajaran yang dilakukan oleh
guru meliputi pembuatan catatan kemajuan siswa/ penilaian pengelolaan
motivasional dan pengelolaan kelas. Pada proses pembelajaran seni kaligrafi pada
mata pelajaran Baca Tulis Al-Qur’an lebih cenderung pada program akademik
berbasis imitasi. Sedangkan proses pembelajaran seni kaligrafi pada mata
pelajaran Seni Budaya lebih cenderung pada program akademik berbasis ekspresi.
Berdasarkan hasil penelitian diatas diharapkan proses pembelajaran yang
dilakukan dapat dipertahankan dan ditingkatkan lagi agar tujuan pembelajaran
dapat tercapai dengan maksimal.

Kata Kunci : Proses Pembelajaran Seni Kaligrafi Baca Tulis Al-Quran Seni Budaya
Full Text :

Kembali