IMAGE
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.1, No.1 (2012)
Judul : PENERAPAN KETERAMPILAN MENGAJAR PADA PELAKSANAAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SENI RUPA JURUSAN SENI DESAIN FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS NEGERI MALANG
Penulis : AWAN PANTI BASUNONDO
PURWATININGSIH
Abstrak :

Mahasiswa calon guru harus benar-benar menguasai keterampilan mengajar. Keterampilan mengajar yang harus dikuasai oleh guru adalah keterampilan membuka dan menutup pelajaran keterampilan menjelaskan keterampilan bertanya (dasar dan lanjut) keterampilan memberi penguatan keterampilan mengadakan variasi dan keterampilan mengelola kelas. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan fakta tentang penerapan keterampilan mengajar pada pelaksanaan PPL mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Universitas Negeri Malang.


Data penelitian berasal dari penyebaran angket yang isinya pernyataan-pernyataan tentang penerapan ketrampilan mengajar dengan pilihan jawaban (Selalu) dan (Tidak Pernah) dilakukan pada saat PPL. Angket diisi sendiri oleh mahasiswa Seni Rupa UM yang sudah menempuh PPL. Kemudian tahap analisa data dimulai pada tahap penelaahan data yang dilanjutkan dengan tahap klasifikasi data.


Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan. Pertama kualitas keterampilan mengajar yang diterapkan mahasiswa pada saat pelaksanaan PPL (a) keterampilan membuka pelajaran sebesar 875% yang termasuk dalam klasifikasi “Semua Diterapkan” dan keterampilan menutup pelajaran sebesar 925% yang termasuk dalam klasifikasi “Semua Diterapkan” (b) keterampilan menjelaskan sebesar 7833% yang termasuk dalam klasifikasi “Sebagian Diterapkan” (c) keterampilan bertanya (dasar dan lanjut) sebesar 8812% yang termasuk dalam klasifikasi “Semua Diterapkan”  (d) keterampilan memberi penguatan sebesar 8167% yang termasuk dalam klasifikasi “Semua Diterapkan” (e) keterampilan mengadakan variasi sebesar 8375% yang termasuk dalam klasifikasi “Semua Diterapkan”  (f) keterampilan mengelola kelas sebesar 96% yang termasuk dalam klasifikasi “Semua Diterapkan”.


Kedua Semua mahasiswa menerapkan keterampilan mengajar pada saat pelaksanaan PPL kecuali untuk keterampilan mengadakan variasi dalam penerapan indikator (1) keterampilan guru menggunakan variasi dalam penyampiaan materi mengajar pada item pernyataan (e) saat mengajar posisi guru bervariasi (berubah-ubah) yang termasuk dalam klsifikasi “Sebagian Mahasiswa”.

Kata Kunci : penerapan ketrampilan mengajar PPL
Full Text :

Kembali