IMAGE
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.1, No.1 (2012)
Judul : STUDI TENTANG PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SENI RUPA DI MAN KEMBANGSAWIT KABUPATEN MADIUN
Penulis : AVERROES IMADUDIN
TJITJIK SRIWARDHANI
ANDI HARISMAN
Abstrak :

ABSTRAK: Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Apakah peranan media
pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran mata pelajaran seni
rupa di MAN Kembangsawit (2) Bagaimana upaya guru dalam membuat dan
pengadaan media pembelajaran (3) Media pembelajaran apa saja yang
digunakan (4) Bagaimana penggunaan media pembelajaran tersebut di MAN
Kembangsawit. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek yang
diteliti meliputi guru mata pelajaran seni rupa wali kelas X dan koordinator
sarana dan prasarana. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan
angket wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan
penyajian data reduksi data dan kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan temuan
sebagai berikut (1) Media pembelajaran berperan untuk menarik perhatian siswa
siswa lebih antusias dan banyak bertanya mengajak siswa untuk berkarya dan
siswa lebih mudah berapresiasi dengan melihat karya langsung (2) Untuk
membuat media pembelajaran guru berupaya merancang media pembelajaran
sendiri berupa wayang sekolah selain itu guru menugasi siswa untuk membuat
media sendiri seperti topeng dan relief dari bubur kertas (3) Jenis media
pembelajaran yang digunakan terdiri dari media visual media lingkungan dan
media dialog seni (4) Penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran seni rupa di MAN Kembangsawit digunakan oleh guru sendiri dan digunakan juga
oleh siswa secara individu atau berkelompok.

Kata Kunci : Media pembelajaran seni rupa MAN Madiun
Full Text :

Kembali