IMAGE
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.3, No.1 (2013)
Judul : STUDI TENTANG MODEL PEMBELAJARAN FOTOGRAFI DI SMK NEGERI 11 MALANG
Penulis : GURUH NUGROHO PUTRO
TRIYONO WIDODO
IKE RATNAWATI
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Model Pembelajaran Fotografi Bahan Ajar Pengetahuan Fotografi dan Berkarya Fotografi. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Malang. Sebagai nara sumber adalah guru dan beberapa siswa. Rancangan penelitian menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Analisis yang digunakan adalah analisa mengalir atau analisa terjalin. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode wawancara dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran fotografi di SMK Negeri11 Malang pada bahan ajar Pengetahuan Fotografi menggunakan model pembelajaran akademik dan pembelajaran orang dewasa (POD) dengan pendekatan pembelajaran ekspositori. Metode yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran adalah ceramah tanya jawab demonstrasi dan pemberian tugas/resitasi dengan menggunakan media berbantuan komputer dan alat peraga berupa kamera DSLR dan 3 lensa. Evaluasi yang digunakan adalah evaluasi formatif dimana dilaksanakan setiap satu pokok bahasan selesai. Pada bahan ajar Berkarya Fotografi model yang digunakan sama dengan bahan ajar Pengetahuan Fotografi namun dengan pendekatan pembelajaran yang sedikit berbeda. Pada bahan ajar Berkarya Fotografi menggunakan pendekatan pembelajaran ekspositori dan CBSA berkadar tinggi. Metode pembelajaran yang digunakan adalah ceramah tanya jawab demonstrasi pemberian tugs/resitasi kelompok dril/latihan dan kerja cipta terarah. Media
yang digunakan adalah media berbantuan komputer dan alat peraga berupa berupa kamera DSLR dan 3 lensa. Evaluasi yang digunakan adalah evaluasi formatif dimana dilaksanakan setiap satu pokok bahasan selesai.

Kata Kunci : model pembelajaran; fotografi; SMK Negeri 11 Malang
Full Text :

Kembali