LABAS
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.1, No.1 (2012)
Judul : Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Seni Tari Melalui Pembelajaran Kooperatif Metode Group Investigation (GI ) Pada Kelas X H SMA Negeri I Pamekasan Tahun Pelajaran 2009/2010
Penulis : FEMI SOUVRANITA H
E.W. SUPRIHATIN DYAH PRATAMAWATI
TRI WAHYUNINGTYAS
Abstrak :

Proses kegiatan belajar mengajar mata pelajaran praktek seni tari di kelas
X H SMA Negeri I Pamekasan lebih banyak didominasi oleh guru dengan
demikian guru lebih aktif daripada siswa. Dari bentuk pembelajaran secara
konvensional ini membuat hasil belajar siswa dalam ketrampilan praktek tari
rendah. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran praktek seni tari di kelas X H
SMA Negeri 1 Pamekasan diperlukan pembaharuan dalam proses belajar
mengajar hasil belajar siswa dalam praktek seni tari lebih meningkat. Salah satu
pembaharuan dalam proses belajar mengajar keterampilan praktek tari sebagai
bentuk pembelajaran yang inovatif bagi guru dalam pemberian materi praktek seni
tari adalah model pembelajaran kooperatif dengan metode Group Investigation
(GI).
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar
praktek tari melalui model pembelajaran kooperatif dengan metode Group
Investigation (GI). Dengan penerapan model pembelajaran tersebut pada pelajaran
praktek seni tari maka akan diketahui bagaimana aktivitas dan hasil belajar siswa
dengan model pembelajaran kooperatif dengan metode Group Investigation (GI)
pada mata pelajaran praktek seni tari. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri
1 Pamekasan kelas X H yang banyaknya 36 orang siswa. Jenis penelitian ini
adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan rancangan Penelitian
Tindakan Kelas dengan dua siklus. Siklus pertama diselesaikan dalam 6
pertemuan dengan pembagian kelompok yang bersifat heterogen berdasarkan
kemampuan siswa. Sedangkan siklus kedua diselesaikan dalam 6 pertemuan
dengan pembagian kelompok yang bersifat heterogen berdasarkan jenis kelamin
siswa.
Hasil penelitian dan pembahasan dapat diketahui bahwa hasil belajar pada
keterampilan praktek tari pada siklus I siswa yang mencapai ketuntasan sebanyak
16 siswa dari 36 siswa. Sedangkan hasil tes kemampuan siswa pada siklus II
melalui pembelajaran kooperatif metode Group Investigation (GI) kualitas
pembelajaran keterampilan praktek seni tari siswa kelas X H SMA Negeri I
pamekasan lebih meningkat dengan hasil yang memuaskan. Dengan jumlah siswa
yang mengalami ketuntasan sebanyak 32 orang dari 36 siswa.
Guru seni tari SMA hendaknya mencoba atau membiasakan diri selama
pemberian mata pelajaran seni tari menggunakan model pembelajaran kooperatif
metode GI (Group Investigation). Hal ini karena pembelajaran kooperatif metode
GI (Group Investigation) mampu memberikan pengembangan kegembiraan
belajar yang sejati dan sekaligus sebagai acuan bagi perkembangan kepribadian
yang sehat antar siswa.

Kata Kunci : keterampilan praktek seni tari kooperatif group investigation (GI).
Full Text :

Kembali