LABAS
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.1, No.1 (2012)
Judul : ANALISIS STRUKTUR GERAK TARI REMO MALANG DAN PENERAPANNYA PADA PEMBELAJARAN SENI TARI BAGI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 MALANG
Penulis : DUANA JOHAR MAWARTI
E.W. SUPRIHATIN DYAH PRATAMAWATI
TRI WAHYUNINGTYAS
Abstrak :

Tari Remo Malang adalah tari tradisi daerah Malang yang disusun oleh Chattam AR pada tahun 1970 yang fungsinya sebagai pendidikan. Kaitanya dengan dunia pendidikan terdapat sistem atau kurikulum yang lebih dikenal dengan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Pada kurikulum ini memuat mata pelajaran seni budaya dengan kompetensinya apresiasi dan kreasi. Pembelajaran apresiasi dan pelaksanaanya belum maksimal dan materi bahan ajar yang kurang mendukung juga menjadi latar belakang penelitian ini. Untuk tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Menganalisis struktur gerak tari Remo Malang. (2) Mengetahui proses pembelajaran seni tari di SMA Negeri 1 Malang yang bersumber dari Analisis Struktur Gerak Tari Remo Malang.


                Pendekatan yang digunakan adalah jenis pendekatan deskriptif kualitatif karena penelitian yang memperoleh datanya dilakukan secara alami dimana hasil penelitian tersebut dideskripsikan dalam bentuk kata-kata gambar bukan angka-angka. Lokasi penelitian ini berada di SMA Negeri 1 Malang dengan narasumber guru seni budaya dan seniman. Metode pengumpulan menggunakan wawancara observasi dan dokumantasi. Analisis yang dilakukan dengan mengorganisasikan mengelompokan data serta klasifikasi data memaparkan data dan menarik kesimpulan.


                Hasil penelitian mencakup dua hal yaitu (1). Terhadap analisis struktur gerak tari Remo Malang yaitu bahwa :  gerak kepala terdiri dari 6 (enam)  unsur gerak unsur tehnik gerak tangan terdiri dari 17 (tujuh belas) unsur gerak unsur gerak tubuh terdiri dari (dua) unsur gerak unsur gerak kaki terdiri dari 5 (lima) unsur gerak. Mempunyai 20 (dua puluh) motif ragam dan motif gerak 30 (tiga puluh) deskripsi gerak.  (2). Proses pembelajaran seni tari terdiri dari langkah perencanaan yaitu ; Pembuatan silabus RPP  dan pelaksanaan pembelajaran yang menggunakan struktur gerak tari remo Malang sebagai materi bahan   ajar kelas X di SMA Negeri 1 Malang.


                Beberapa saran yang ditulis penulis yaitu bagi diknas kota Malang diharapkan SMA Negeri 1 Malang menjadi pelopor bagi SMA-SMA lain untuk memasukan Tari Remo Malang pada materi mata pelajaran seni budaya sub seni tari dan dari penelitian ini diharapkan manjadi salah satu wacana penambah informasi tentang kegiatan apresiasi maupun ekspresi yang berlangsung pada mata pelajaran seni budaya sub seni tari.

Kata Kunci : Struktur Gerak Tari Remo Malang Materi Bahan Ajar Penerapan Pembelajaran Seni Tari.
Full Text :

Kembali