LABAS
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.2, No.1 (2013)
Judul : PELAKSANAAN STRATEGI PEMBELAJARAN SENI TARI KOMPETENSI EKSPRESI (BERKARYA TARI) KELAS XI DI SMA NEGERI 1 GEGER KABUPATEN MADIUN
Penulis : DINA AGUSTIANI SURYANINGRUM
HARIYANTO
TRI WAHYUNINGTYAS
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan strategi pengorganisasian penyampaian dan evaluasi pada pembelajaran seni tari kompetensi ekspresi (berkarya tari) kelas XI di SMA Negeri 1 Geger. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. 1) Pelaksanaan strategi pengorganisasian berupa Prota Promes Silabus dan RPP; 2) Pelaksanaan strategi penyampaian dimulai dari kegiatan awal hingga kegiatan akhir. Adapun materi mengarah ke berkarya tari Nusantara (Jawa Timur) yang terintegrasi pada program adiwiyata; 3) Pelaksanaan evaluasi proses meliputi penilaian psikomotor dan afektif evaluasi hasil belajar meliputi penilaian ulangan harian UTS dan UAS. Penampilan karya dinilai dari beberapa aspek yaitu wiraga wirama dan wirasa serta kesesuaian tema properti tata rias busana dan pola lantai.

Kata Kunci : strategi pembelajaran seni tari; kompetensi ekspresi; berkarya tari
Full Text :

Kembali