ENIGMA
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.3, No.1 (2013)
Judul : PERANCANGAN MEDIA PROMOSI PADA OBJEK WISATA CANDI PENATARAN
Penulis : CATRA YUDHA PRADANA
SUGIYONO
RUDI IRAWANTO
Abstrak :

Candi Penataran memiliki komplek percandian Hindu terbesar di provinsi
Jawa Timur. Pengelolaan objek wisata ini dilakukan oleh Balai Pelestarian cagar Budaya Wilayah Kerja Jawa Timur yang berada di Trowulan Mojokerto. Promosi yang dilakukan oleh pengelola candi sangat kurang terlihat dari media yang digunakan untuk menginformasikan keberadaan candi hanya berupa brosur dan leaflet yang hanya ada di lokasi objek wisata Candi Penataran. Berdasarkan permasalahan tersebut dibutuhkan media promosi yang informatif dan komunikatif yang digunakan untuk menginformasikan keberadaan Candi Penataran dan meningkatkan jumlah pengunjung. Perancangan ini menggunakan model perancangan prosedural atau model perancangan yang bersifat deskriptif. Dimana perancang melakukan langkah-langkah yang ditempuh melalui pengumpulan data dan perancangan program menggunakan model perancangan
Surianto Rustan. Hal tersebut meliputi kegiatan identifikasi masalah pengumpulan data identifikasi dan analisa data sistesis konsep perancangan perancangan media dan desain final. Untuk mendukung perancangan media promosi ini strategi yang digunakan adalah analisis SWOT dan USP. Hasil perancangan media promosi Objek Wisata Candi Penataran ini adalah buku wisata billboard brosur signboard dan merchandise. Perancangan ini diharapkan dapat dilanjutkan hingga menghasilkan karya yang lebih lengkap dan mendalam karena potensi wisata pada Candi Penataran masih banyak lagi yang dapat dikembangkan untuk tujuan edukasi pariwisata religi maupun tujuan komersial.

Kata Kunci : perancangan; desain; media promosi; Candi Penataran
Full Text :

Kembali