ENIGMA
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.3, No.1 (2013)
Judul : PERANCANGAN CORPORATE IDENTITY DAN APLIKASINYA BAGI OBJEK WISATA RANU KLAKAH DI KABUPATEN LUMAJANG
Penulis : GIGIH PRIHANDONO
Abstrak :

Tujuan dari perancangan yaitu untuk mendeskripsikan perancangan logo bagaimana menghasilkan sebuah perancangan Corporate Identity yang efektif dan komunikatif beserta dengan aplikasinya sebagai upaya untuk membangun citra Wisata Ranu Klakah sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisata. Perancangan Corporate Identity ini menggunakan prosedur deskriptif. Prosedural penyusunan yang digunakan adalah menggunakan prosedur Sanyoto dan Rustan yang telah dimodifikasi. Teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara dan studi dokumentasi dan dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Dalam konsep perancangan ini diciptakan model gaya desain yang ilustratif dan dekoratif yaitu berupa ilustrasi gambar yang merupakan karakter menonjol dari Wisata ranu Klakah. Bentuk logogram yang geometris serta aplikasi warna yang memiliki makna dan hubungan dengan lingkungan diharapkan secara keseluruhan mampu mengangkat citra positif termasuk di dalamnya berupa aplikasi dari Corporate Identity. Sehingga mampu memperkenalkan Corporate Identity tersebut pada masyarakat luas sebagai sebuah identitas yang baru.

Kata Kunci : Corporate Identity; Wisata Ranu Klakah; Kabupaten Lumajang
Full Text :

Kembali