ENIGMA
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.3, No.1 (2013)
Judul : PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL KOTA BANGIL SEBAGAI MEDIA PROMOSI POTENSI WISATA
Penulis : AHMAD BASSAM FAIZ
Abstrak :

Tujuan dari perancangan ini untuk melakukan merancang identitas visual Kota Bangil sebagai brand image Kota Bangil dan mengaplikasikannya melalui media promosi yang sesuai dan efektif kepada masyarakat Bangil sendiri maupun dari luar kota. Perancangan Identitas Visual ini menggunakan model prosedural bersifat deskriptif model dan sistematika perancangan menggunakan prosedur dari Wheeler Rustan dan Sanyoto yang disesuaikan. Teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara dan studi dokumentasi dan dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif. Konsep perancangan identitas visual ini terdiri dari Logo baru yang terdiri dari gabungan picturemark dan letter mark picturemark berupa deformasi dari bentuk kelopak bunga sedap malam serta letter mark yang bertuliskan nama dari kota yaitu Bangil dan tagline sebagai pesan pokok yang ingin disampaikan. Aplikasi pada media dibuat dengan tujuan untuk memperkenalkan logo dan unsur identitas visual lain yang baru tersebut kepada masyarakat supaya dapat terwujud identitas kota yang tampak memiliki kesatuan dan dapat memperkuat brand image entitas sebagai sebagai kota yang memiliki unsur kreatif dengan dibalut suasana spiritual atau religius kepada masyarakat umum selaku target audience.

Kata Kunci : Perancangan; Identitas Visual; Kota Bangil
Full Text :

Kembali