MEDIA SENI DAN DESAIN
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.1, No.1 (2012)
Judul : FENOMENA ESTETISISME DALAM REPRESENTASI IKLAN MAJALAH FEMINA SEBAGAI GEJALA BUDAYA SENSASI
Penulis : IRIAJI
Abstrak :

Abstrak: Iklan di majalah Femina ada kecenderungan menggunakan sistem penanda berupa figur perempuan dengan mengedepankan wilayah „eksploitasi daya tarik tubuh‟ dan „seksualitas‟. Hal ini menandai adanya fenomena pergeseran makna dan bentuk estetik yaitu fenomena „estetika yang anti estetik‟ atau disebut gejala “estetisisme‟. Iklan demikian dapat dipandang sebagai representasi kehidupan sosial-budaya masyarakat yang sarat dengan nilai-nilai sistem ideologi kapitalis karena mementingkan aspek ekonomi. Dapat juga dikatakan iklan telah menjadi sebentuk infrastruktur komodifikasi yang cenderung bermakna destruktif manipula-tif dan dehumanitatif. Fenomena iklan terebut oleh Sorokin dimaknai sebagai gejala budaya sensasi yang mempunyai potensi besar dapat mengontruksi kesadaran sosial-budaya masyarakat. Fenomena eststisisme dalam iklan antara lain disebabkan oleh beberapa faktor yaitu: (1) akumulasi patologi sistem kapitalisme (2) kuatnya pengaruh seks dalam mengkonstruksi kebudayaan dan peradaban manusia dan (3) adanya spirit primitivisme dalam peradaban modern saat ini.

Kata Kunci :
Full Text : -

Kembali