MEDIA SENI DAN DESAIN
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.1, No.1 (2012)
Judul : PENGEMBANGAN GRAPHIC CLIP MULTIMEDIA SEBAGAI MODEL BAHAN AJAR PENDIDIKAN KARAKTER TERINTEGRASI TUMPANG SARI
Penulis : MOELJADI
Abstrak :

Untuk mengoptimalkan pembelajaran pendidikan karakter terintegrasi dibutuhkan beberapa peranti yang standar mudah dibuat dan digunakan. Hal ini karena para guru mengalami kesulitan dalam melaksanakan program tersebut. Untuk itu dikembangkan model bahan ajar pendidikan karakter berpola tumpang-sari. Penelitian ini telah menghasilkan model bahan ajar berupa graphic clip multimedia yang lulus validasi ahli materi (N=6) dan ahli media (N=6); juga lulus uji coba dengan responden guru (N=82) yang tersebar di Indonesia. Model bahan ajar tersebut memiliki spesifikasi produk sebagai berikut (a) berformat multimedia (b) berbasis PowerPoint (c) berdurasi sekitar 5 menit (d) sarat dengan nilai-nilai kebajikan (e) materinya inspiratif (f) berpotensi mengubahkan sikap siswa (g) sesuai nilai-nilai kepribadian bangsa (h) bermanfaat bagi siswa (i) pesannya jelas (j) pesannya menarik (k) pesannya ringkas (l) mudah dibuat dan (m) mudah dioperasikan.

ABSTRACT
Developing Graphic Clip Multimedia as a Teaching Material Model for Tumpang Sari Integrated Character Education. Moeljadi Pranata. In optimizing integrated character education several standard and easy to make devices are required. This demand comes to surface as teachers face difficulties in implementing the program. To this purpose a curriculum model models of teaching materials and a 'tumpang sari' patterned character education model are developed. The second research from these three stages of research has produced a teaching model validated by matter experts (N=6) and media experts (N=6); passed the test with teacher respondents (N=82) from all extended area in Indonesia. The teaching model has the following specifications (a) multimedia-formatted (b) PowerPoint-based (c) has a ±5 minutes duration (d) contain the value of goodness (e) contain inspirational materials (f) has the potential to transform the students’ attitudes (g) in accordance with the character of the nation (h) beneficial for students (i) has a clear message (j) contain attractive message (k) contain concise message (l) easy to make and (m) easy to be operated.

Kata Kunci : pendidikan karakter terintegrasi tumpang sari bahan ajar multimedia; integrated character education tumpang sari teaching material multimedia
Full Text : -

Kembali