MEDIA SENI DAN DESAIN
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.1, No.1 (2012)
Judul : BUKU AJAR DAN MEDIA PEMBELAJARAN KARAKTER DAN GAYA VISUAL RAGAM HIAS ADATI BAGI SISWA SMP DI DAERAH SENTRA KERAJINAN TRADISIONAL
Penulis : PRANTI SAYEKTI
Abstrak :

Ragam hias adati merupakan salah satu bentuk ungkapan keindahan visual utama dalam karya kerajinan tradisional. Predikat tradisonal tidak mampu dipertahankan dengan baik apabila masyarakat pendukung tradisi tersebut tidak mampu memahami kekhasan budaya dan tradisi yang melingkupinya. Berkaitan dengan hal tersebut proses transfer pengetahuan dan pemahaman menyangkut aspek filosofi mutlak diperlukan. Proses identifikasi dan analisa visual terhadap karakter ragam hias adati merupakan awal yang dapat ditempuh untuk memahami karakter kerajinan tersebut. Proses tersebut menjadi pijakan untuk menyusun rambu-rambu visual yang pada gilirannya dituangkan dalam bentuk buku ajar bagi siswa Sekolah Menengah Pertama khususnya pada mata pelajaran Seni Budaya. Penyusunan buku ajar tentang karakter dan gaya visual adati tersebut juga merupakan suatu upaya untuk memecahkan permasalahan pendidikan di bidang seni dan kerajinan yang berusaha untuk mengangkat local content ke dalam kurikulum yang memiliki karakteristik budaya lokal serta dapat dimanfaatkan untuk mendukung industri kerajinan di daerah. Dalam hal ini siswa SMP juga dipahami sebagai individu yang telah memiliki kesadaran terhadap kolektivitas budaya disekitarnya.

Abstract
Ragam hias adati merupakan salah satu bentuk ungkapan keindahan visual utama dalam karya kerajinan tradisional. Predikat tradisonal tidak mampu dipertahankan dengan baik apabila masyarakat pendukung tradisi tersebut tidak mampu memahami kekhasan budaya dan tradisi yang melingkupinya. Berkaitan dengan hal tersebut proses transfer pengetahuan dan pemahaman menyangkut aspek filosofi mutlak diperlukan. Proses identifikasi dan analisa visual terhadap karakter ragam hias adati merupakan awal yang dapat ditempuh untuk memahami karakter kerajinan tersebut. Proses tersebut menjadi pijakan untuk menyusun rambu-rambu visual yang pada gilirannya dituangkan dalam bentuk buku ajar bagi siswa Sekolah Menengah Pertama khususnya pada mata pelajaran Seni Budaya. Penyusunan buku
2
ajar tentang karakter dan gaya visual adati tersebut juga merupakan suatu upaya untuk memecahkan permasalahan pendidikan di bidang seni dan kerajinan yang berusaha untuk mengangkat local content ke dalam kurikulum yang memiliki karakteristik budaya lokal serta dapat dimanfaatkan untuk mendukung industri kerajinan di daerah. Dalam hal ini siswa SMP juga dipahami sebagai individu yang telah memiliki kesadaran terhadap kolektivitas budaya disekitarnya.

Kata Kunci : Ragam Hias Adati Sentra Kerajinan Tradisional; Ragam Hias Adati Sentra Kerajinan Tradisional
Full Text : -

Kembali