VOKAL
Universitas Negeri Malang
 
Home > Artikel > Detil artikel

Detil Artikel

Edisi : Vol.1, No.1 (2013)
Judul : PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING (BIPA) PROGRAM CLS (CRITICAL LANGUAGE SCHOLARSHIP) DI FAKULTAS SASTRA UNIVERSITAS NEGERI MALANG TAHUN 2012
Penulis : RIFCA FARIH AZIZAH
Widodo Hs.
Ida Lestari
Abstrak :


Penelititan ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran BIPA pada program CLS tahun 2012 yang terangkum dalam perencanaan pelaksanaan dan problematik pembelajaran BIPA program CLS Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang tahun 2012. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Dari hasil analisis data penelitian diperoleh hasil yang mengidentifikasikan penggunaan pendekatan komunikatif dalam setiap perumusan aspek perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Pada aspek problematik ditemukan problem yang bersifat kebahasaan nonkebahasaan dan problem pengelolaan. Solusi dalam mengatasi problem tersebutadalah dengan melibatkan para ahli.

This research aimed to describe the planning implementating of learning and also problems of BIPA on CLS 2012 programme at Letter Faculty Malang State University. The research is designed by descriptive-qualitative research. From the analysis of the data there was identified a communicative approach using in every aspect of planning formulation and implementation of instructional design. It was also found many problems about linguistics nonlinguistics and management. The problem solving is to involve the expert.

Kata Kunci : Pembelajaran BIPA; program Critical Language Scholarship (CLS);BIPA learning;CLS programme;
Full Text :

Kembali